• MA MATHOLIUL ULUM BANJARAGUNG
  • Berilmu, Terampil, dan Berakhlakul Karimah

Memoar, Berkenalan & Beradaptasi dengan Organisasi

Mamuba.sch.id. Memoar atau cerita-cerita yang berisi tentang kenangan yang berkesan mirip dengan autobiografi. Setiap orang memilikinya. Sayangnya, tidak banyak yang mau menceritakannya dalam bentuk tulisan.

Kali ini kita akan membaca memoar seorang siswa dari Madrasah Aliyah Matholiul Ulum Banjaragung (Mamuba). Di adalah Hani. Pengalamannya tentang berorganisasi di IPPNU yang menjadikannya dapat belajar banyak hal, lebih percaya diri, dan dapat menjadi senantiasa lebih baik lagi.

Hari itu matahari bersinar mengawali pagi hariku. Tidak seperti biasanya. Pagi itu suasana pembelajaran sekolah yang biasanya dilaksanakan digantikan oleh sebuah acara reorganisasi IPNU-IPPNU. Ini adalah proses pembelajaran dengan cara yang lain. 

Baca juga: Nama-Nama Khas "Wong Jawa" yang Terancam Hilang

Acara tersebut merupakan forum untuk memilih ketua baru. Saat tiba di madrasah, Aku melangkah dan merapat menuju tempat dimana teman-temanku berkumpul. Salah satu teman yang terlebih dahulu menjadi anggota IPPNU berkata "Namanya Hani loh ada," katanya.

Tentu saja Aku bingung dengan apa yang dia katakan dan maksudnya apa. “Apa maksudnya?” tanyaku.  

"Itu lho, namamu itu tercantum sebagai bakal calon ketua IPPNU yang baru," katanya kepadaku.

Tentu Aku bingung dengan ucapannya. “Eh, aku saja tak pernah mengikuti sebuah  organisasi yang bernama IPPNU. Kok tiba-tiba dicalonkan,” kataku penasaran.

Organisasi IPNU-IPPNU itu masih asing dimataku. Namun pada saat Aku melihat kakak tingkat yang memakai jas organisasi dan sibuk sana-sini, hal itu membuatku menaruh hati dan tertarik terjun dalam dunia sebuah organisasi. "Iya, ini adalah kesempatan," kataku dalam hati. 

Pandangan tersebut menjadikanku sangat ingin mengetahui secara mendalam mengenai organisasi IPNU-IPPNU. “Saya yakin bisa, meski tidak harus menjadi ketua” kataku optimis dalam hati.

 Acara pemilihan calon ketua tersebut berjalan dinamis. Disebutkan pasal-pasal kriteria calon ketua baru. Ternyata ada satu pasal yang dimana Aku tidak bisa menjadi bakal calon ketua, yaitu pernah menjabat atau mengikuti organisasi Pengurus Komisariat IPPNU pada periode sebelumnya. 

Teman-temanku agak sedikit kecewa, tapi mau bagaimana lagi. 

Baca juga: Jelang Porsema, Kontingen Jepara Gelar Doa Bersama Pekan Depan

Setelah acara tersebut selesai dengan terpilih ketua baru, beberapa hari kemudian Aku diberitahu bahwa diriku dipilih menjadi salah satu anggota organisasi IPPNU.

Aku menjadi anggota Departemen Pengembangan. Saat itulah menjadi awal Aku masuk ke IPPNU Mamuba. Beberapa pekan kemudian pelantikan PK IPNU-IPPNU yang baru dilaksanakan.

Setelah pelantikan, kami diberi materi Ke-Organisasi-an dan materi Administrasi. Saat materi tersebut berlangsung, tak ada rasa bosan yang kurasakan dan Aku merasa ingin tahu lebih organisasi IPNU-IPPNU.

Beberapa kali Aku ikut sebagai panitia kegiatan yang diselenggerakan oleh PK IPNU-IPPNU sekolahku dan mengemban tugas sebagai Departemen Pengembangan.

Pada tahun yang sama, 2021 Aku memutuskan untuk mengikuti kaderisasi tingkat, yatiu Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) yang diselenggarakan oleh PR IPNU-IPPNU Desa Srikandang. Diriku memang ingin melangkah lebih jauh, rasa penasaran menjadi puncaknya.

“Walaupun Aku tahu bahwa ketika aku melangkah lebih jauh, berarti Aku siap dengan apa yang harus kulalui,” kataku dalam hati.

Baca juga: Pra-Lakmud IPNU-IPPNU, Nafa Rahayu: Kaderisasi Harus Dilakukan

Saat Aku mengikut di PK IPPNU, ternyata tak banyak progres yang kudapat, Aku merasa hanya Pengurus Harian yang aktif dalam semua kegiatan, mungkin wajar, tapi kalau begitu apa gunanya departemen-departemen yang ada?

Aku baru bergabung di organisasi, wajar bukan jika kalau diriku dan mungkin rekan & rekanita lain belum mengerti benar seperti apa tugas mereka. Setelah mengikuti MAKESTA, ternyata masih banyak yang belum Aku ketahui sebelumnya. Diriku masih jauh dari sebuah kata bertanggung jawab atas jabatan yang ku terima.

Sudah bulan demi bulan aku bergabung dalam PR IPPNU Desa Srikandang. Saat ini diriku hanya mencoba menjalankan tugas dan tanggung jawab sebaik yang Aku bisa. Harus terus belajar. Dalam waktu dekat Aku juga harus ikut Latihan Kader Muda (Lakmud) IPPNU. Never ending to studying. 

 

Penulis : Hani Fatul Awaliyah

editoor : mbahdalhar

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Belajar English Asyik melalui Lagu

Mamuba.sch.id – Belajar Bahasa Inggris (English) bagi sebagian siswa merupakan sesuatu yang tidak mudah. Diperlukan metode asyik agar bahasa asing tersebut mudah untuk dipahami. S

14/01/2024 11:48 - Oleh Administrator - Dilihat 729 kali
HAB Kemenag ke-78, Mamuba Gelar Upacara dan Apresiasi Siswa

Mamuba.sch.id. – Hari Amal Bhakti Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia ke-78 diperingati di awal tahun 2024 ini. Upacara dan apresiasi kepada para siswa dipilih oleh Mad

04/01/2024 15:10 - Oleh Administrator - Dilihat 124 kali
Hari Guru 2023, Ada Kejutan untuk Guru Mamuba

Mamuba.sch.id. – Udara pagi begitu segar. Arah jarum jam menunjukkan pukul 07.00. puluhan siswa Madrasah Aliyah Matholiul Ulum Banjaragung (Mamuba) tengah bersiap mengikuti khitob

25/11/2023 14:16 - Oleh Administrator - Dilihat 135 kali
Implementasi P5 di Madrasah Aliyah Matholiul Ulum Banjaragung

Mamuba.sch.id – Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 dalam Kurikulum Merdeka bertujuan memberikan siswa pengalaman nyata dalam praktik penerapan nilai-nilai Pancasila

21/11/2023 21:17 - Oleh Administrator - Dilihat 174 kali
Haul KH Afif Zubaidi ke-16, Ratusan Siswa di Yatimu Gelar Ziarah Bersama

Banjaragung – Memperingati haul ke-16 K.H. Muhammad Afif Zubaidi atau yang sering disapa mbah Afif, ratusan siswa pada lembaga pendidikan di Yayasan Tarbiyatul Islam Matholiul Ulu

22/07/2023 19:23 - Oleh Administrator - Dilihat 226 kali
Wisuda MTs MU ke-33 Digelar, Inilah “Rundown” Acaranya

Banjaragung – Pelepasan siswa atau wisuda ke-33 di Madrasah Tsanawiyah Matholiul Ulum Banjaragung (Matsamuba) digelar, Rabu (14/6) pagi. Sebanyak 61 siswa siap untuk diwisuda. Ada

14/06/2023 06:39 - Oleh Administrator - Dilihat 165 kali
Hujan yang Menyenangkan (Bagian 1)

Sebuah cerpen dari Salwaa Naura Seorang anak gadis terlihat sedang menyusuri jalan setapak menuju sawah yang terletak di dekat delta kecil sebuah sungai. Hati-hati gadis itu berjalan m

28/05/2023 13:19 - Oleh Administrator - Dilihat 433 kali
Catatan Akhir Madrasah

Oleh: Muhammad Imam Rosyadi   Hari ini, Rabu 17 Mei 2023 kita kehilangan sesuatu. Mungkin masih sedikit kehilangan yang kita rasakan. Namun, lambat laun dan kian pasti, akan ada

17/05/2023 19:15 - Oleh Administrator - Dilihat 412 kali
Kumpulan Lirik Lagu Wisuda ke-20 Mamuba

Mamuba.sch.id. Wisuda para siswa Madrasah Aliyah Matholiul Ulum Banajaragung dilaksanakan Rabu (17/5) pagi. Dalam acara tersebut terdapat sesi menyanyikan lagu tentang guru dan perpisah

17/05/2023 08:06 - Oleh Administrator - Dilihat 952 kali
MA Matholiul Ulum Banjaragung Menggelar Halal Bihalal dan Peringatan Hardiknas

Pada tanggal 2 Mei 2023, Madrasah Aliyah Matholiul Ulum Banjaragung mengadakan acara Halal Bihalal serta peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Acara tersebut dihadiri oleh se

02/05/2023 10:10 - Oleh Administrator - Dilihat 213 kali